Menabung agar Kaya? Bulsyit: Ingat INFLASI !!

Inflasi, apa sih inflasi, ok di kesempatan ini Taufiq Hidayah akan kasih seputar pengertian inflasi. Mungkin kamu masih ingat kata ibu guru dulu “Menabung di bank akan kaya”, nah ni salah satu kata yang tidak berlaku lagi di jaman yang edan ini. Coba bayangkan, jika sekarang anda menabung dengan angan-angan atau bermaksut untuk naik haji lima tahun mendatang dengan asumsi 40jt ongkos haji.

inflasi

Maka setelah 5 tahun anda sudah mencapai tabungan 40jt dan ternyata oh ternyata ongkos haji di tahun itu naik menjadi 50jt, apakah anda harus menabung lagi??. Inilah inflasi, inflasi bisa dikatakan PENCURI yang dasyat.

Dalam istilah umum inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.

Kita sabagai umat islam sangat dianjurkan untuk berniaga, karena dengan berniaga harta kita malah semakin bertambah. Seperti bang Ippho katakan “sesuatau yang berhenti itu tidak sehat”, fahamkan? jika kita hanya menyimpan uang tanpa memutarnya untuk usaha atau investasi (properti, reksadana, saham) maka secara tak langsung uang kita akan turun nilainya karena inflasi, dan sangat dianjurkan dalam islam untuk membeli emas.

Emas merupakan salah satu cara untuk melindungi kekayaan kita, bagai mana tidak. Emas memang tidak membuat si pemiliknya kaya, akan tetapi emas akan melindungi harga pemiliknya, karena Emas bersifat menolak dan melindungi dirinya dari inflasi. Sebagai contoh, tahun 1990 orang yang ingin naik haji hanya 7juta (300 gram emas) di tahun 2007 ongkos naik haji menjadi 27jt (200 gram emas) dan sekarang ongkos haji jadi 35juta (75 gram emas). Sudah pahamkan, mengapa Islam menganjurkan perniagaan dan emas.

Dan jika di pikir-pikir ongkos haji tidaklah naik akan tetapi malah turun jika kita berpedoman pada Emas sebagai patokan atau alat jual beli. Maka dari ini sobat, mari kita investasi emas jika memiliki rizki berlebih. Sekian dulu dan sampai jumpa di postingan selanjutnya, dan semoga bermanfaat :)

Share ke Teman Kamu..Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Share on Reddit0
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *