Menjaga Keselamatan Anak dan Remaja di Ranah Maya

Ranah maya atau dunia internet, memang sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita atau bagi kebanyakan orang tua. Dunia internet memang bagaikan hutan belantara yang memiliki banyak sekali ancaman, di ranah maya sendiri ujian morah bagi orang tua untuk menjaga anak dari banyaknya konten, gambar hingga video yang siap menerkam anak anda dengan konten yang tidak sesuai. Ini di karenakan kurangnya kesadaran blogger serta orang yang menjadi objek di internet tidak memperhatikan dampak negatif yang akan terjadi dan mengancam keselamatan anak dan remaja di ranah maya (internet).

Peran Orang Tua Menjaga Keselamatan Anak di ranah maya

Orang tuan harus mengawasi saat anak mulai berselancar di internet, karena peran orang tua merupakan sentral serta pondasi agar anak bisa dibatasi dalam norma-norma tertentu misalnya saja dalam dunia sosial sepertu Facebook, Twitter dll. Yang mana jika tidak ada pengawasan orang tua maka mudah sekali anak terancam keselamatanya diranah maya. Sebelumnya sudah ada contoh Muhammad Arsyad yang mana tidak mendapatkan pangawasan dari orang tua, sehingga ramaja ini terjerumus diranah maya dengan menghina Presiden Jokowi, Memang kelihatan sepele dan terkesan emosi sesaat akan tetapi dampak yang di timbulkan sangat luar biasa.

Oleh sebab itu anda sebagai orang tua harus siap menjaga anak anda apalagi dalam masa remaja yang notabenya masih labil dalam mengambil tindakan serta mengontrol emosi. Anda harus pantau terus apa yang anak  kerjakan dijejaring sosial, adakah norma yang dilanggar? Jika anda jangan sungkan menegur mereka karena boleh jadi suatu hari anak anda akan bisa berlaku lebih karena tidak merasa ada yang menasehati apa yang mereka lakukan itu salah.

Tips Mejaga Keselamatan Anak di Ranah Maya

Memang memantau serta menjaga apa yang anak kita perbuat memang cukup sulit, dikarenakan sang anak mempunyai cara sendiri agar dapat lolos dari pengawasan orang tua. Akan tetapi saya akan memberikan tips agar anda bisa mengawasi serta menjaga anak anda dari kerasnya ranah maya. Berikut tipsnya:

  • Jika anak anda memiliki akun jejaring sosial, usahakan anda sebagai orang tua juga mempunya jejaring sosial misalnya Facebook. ini bertujuan adan bisa mengawasi apa yang anak anda perbuat.
  • Jika anda membuat akun FB dan sudah add anak anda akan tetapi anak anda tidak mau menerima permintaan anda, buatlah akun paslu jika anak anda laki-laki buatlan akun remaja wanita. Hal ini bertujuan agan adan dapat menyelinap dalam kegiatan anak anda di ranah maya.

Semoga info dan tips Menjaga Keselamatan Anak dan Remaja di Ranah Maya ini bermanfaat untuk anda semua yang notabenya sedang membimbing anak dalam menjelajahi kerasnya ranah maya. Salam :)

Share ke Teman Kamu..Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+1Pin on Pinterest0Share on Reddit0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *